Sabtu, 17 Desember 2011

Bola yang digunakan pada Piala Dunia 1998,2002,2006,dan 2010







1998
Adidas Tricolore merupakan bola resmi Piala Dunia FIFA 1998 di Perancis. Bola ini merupakan bola adidas dalam Piala Dunia pertama yang diproduksi di luar negara-negara Eropa, karena diproduksi di Maroko dan Majalengka, Indonesia, sejak pembuatan Adidas Telstar pada tahun 1970

2002
Adidas Fevernova adalah bola sepak resmi untuk ajang Piala Dunia FIFA 2002 di Korea Selatan dan Jepang yang diproduksi oleh adidas. Desain bola ini terinspirasi dari desain bola sepak adidas terdahulu yaitu adidas Tango.

2006
Teamgeist adalah bola sepak resmi Piala Dunia FIFA 2006. "Teamgeist" adalah bahasa Jerman untuk "semangat tim". Oleh beberapa pemain, bola ini dikritik karena terlalu ringan dan lebih sulit ditangkap penjaga gawang karena lebih mudah melengkung di udara. Berbeda dengan bola-bola Piala Dunia sebelumnya sejak tahun 1970, Teamgeist terbuat dari 14 panel yang direkatkan (bukan dijahit).
Bola ini dibuat oleh Adidas, yang telah menyediakan bola untuk seluruh pertandingan Piala Dunia sejak 1970.
Penelitian Adidas membuktikan, bola baru ini 30 persen lebih akurat ketimbang bola biasa. Bentuk dan jumlah lapisan penutupnya (panel) sangat berbeda dengan bola konvensional. Bola biasa umumnya dilapisi 32 panel berbentuk segi enam dan lima. Adidas memangkas jumlah panel menjadi 14 panel berbentuk baling-baling.
Adidas merancang bola ini bersama Bayer. Mereka membuat lapisan spesial pada kulit Teamgeist. Untuk menjaga bentuk, Bayer telah meningkatkan ketebalan kulit bola dari 0,9 menjadi 1,1 milimeter. Selain itu, Bayer juga menyisipkan busa polyurethane yang dibangun dari jutaan bola kecil berisi gas. Busa ajaib ini menjamin bentuk bola segera pulih setelah ditendang.
Perbedaan mencolok lainnya dengan bola konvensional adalah cara menempelkan panel. Bayer tak lagi menggunakan teknik jahitan, tapi penempelan panas. Panas akan melunakkan permukaan serat dan membuatnya meleleh, dan membentuk ikatan. Saat serat dingin, ikatan ini akan mengeras. Sambungan dan jahitan pada bola konvensional dianggap mengganggu aliran udara di permukaan bola dan mengubah gerakan bola.

2010
Jabulani adalah bola resmi yang dipakai dalam pertandingan Piala Dunia FIFA 2010. Bola ini dibuat oleh perusahaan olahraga Adidas.
Jabulani diciptakan oleh produsen olahraga Adidas lalu dikembangkan di Universitas Loughborough di Inggris, dan diresmikan di Cape Town, Afrika Selatan pada tanggal 4 Desember 2009. Dalam bahasa zulu Kata "jabulani" bermakna "bergembira" atau "membawa sukacita dan kebahagiaan" . Sebuah versi warna emas berjudul Jo'bulani diatur untuk bermain di putaran Final Piala Dunia, Sedangkan versi warna orange Jabulani adalah di pergunakan pada saat kondisi cuaca atau lapangan bersalju.

0 komentar:

Poskan Komentar